Gaji Pertama Saya 500 Rupe di Web Freelancer

advertise here
advertise here
Hai, hai, hai... Apa kabar sahabat semua.
Lama saya tidak berkunjung untuk menyapa kawan-kawan semua. Ternyata tangan ini sangat rindu untuk menggelitik keybord dan merangkai kata menjadi kalimat lagi.

Hah, biasa aja Bang, emang udah kerjaannya kali...! hehee

Kali ini dan kesempatan ini saya ingin share pengalaman saya menjadi seorang freelancer amatiran. Emang ga semenarik gaji seorang Youtuber sih, tapi mungin bisa menjadi sebuah penarik minat bagi kamu yang ingin mencobanya.

Picture by: pixabay.com


Begini Sobb, Suatu ketika saya mencari kerjaan online yang bisa memberikan saya peluang sebagai seorang penulis lepas. Karena skill saya emang cuman di content writer, copy writer, dan blog writer.

Berselancarlah saya dengan sambil menyelam di lautan si Mbah Google yang punya kawasannya.

Dan jeng, jeng....., ternyata oh ternyata, dan mamah oh mamah... banyak juga kesempatan yang bisa kita ambil untuk mendapatkan kerjaan sampingan secara online.

Ada beberapa web terpercaya sebagai tempat untuk mendaftar menjadi freelance. Seperti Freelancer, Fiver, Project, Upwork, Guru dan masih banyak lagi.

Dari keseluruhan tempat mendaftar dari freelancer pastinya ada web favorit dan banyak diminati oleh para freelancer. Salahsatu web yang sedang saya coba adalah Freelancer. Disini saya tidak akan melakukan promosi. Namun hanya memberikan gambaran sekilas tentang web tersebut.

Freelancer Sangat Mendunia

Masa lalunya sangat menarik, katanya merupakan gabungan dari beberapa vendor freelance raksasa yang melebur menjadi satu yaitu Freelancer.com, saat ini juga tersedia untuk regional Indonesia, dengan alamat Freelancer.id.

Sedikit share, berbekal informasi dari rekan-rekan yang sama-sama merajut asa sebagai seorang penulis. Saya melakukan riset web Freelance yang bisa memberikan income hanya dengan kerja di rumah. Pilihan saya jatuh pada Freelancer.com.

Awal mulanya saya mendaftar di Freelancer.id,

Yah, saya memiliki 2 akun yang berbeda alamat Email. Selain di region Indonesia, saya terdaftar di Freelancer.com.

Kenapa saya memiliki 2 akun...?
Pertama, sebagai seorang pemula yang haus tantangan kerjaan di awal mula riset saya mengalami kebingungan sekaligus mendapatkan kelebihan yang menjadi nilai positif untuk saya.

Saat itu saya kira hanya bisa di akses dengan domain freelancer(dot)id, namun ternyata tersedia pula dengan (dot)com.

Namun, pada akhirnya saya ditegur oleh pihak freelancer karena memiliki 2 akun yang hampir mirip, sekarang saya hanya fokus pada satu akun saja.

Baca juga: Penting ! Bedakan Antara Menjadi Penulis dan Publisher di Google



Project Pertama Saya Gagal!


Yah, hidup kalau tidak belajar dari pengalaman bagaikan sayur kurang garam. Pengalaman ini saya alami dengan rasa pahit. Sebenarnya project pertama saya itu termasuk mudah. Banyak yang mengidam-ngidamkan project simpel seperti itu.

Namun sayang seribu sayang, saya memberikan kesan buruk kepada pemberi kerja. Bukan tanpa alasan sih, waktu itu ada urusan keluarga yang membuat saya mengulur waktu cukup lama. Ditambah clien yang ingin hasilnya sempurna.

Tapi saya bersyukur alhamdulillah masih diberi kepercayaan untuk menyelesaikannya. Alhasil saya memiliki rating yang tidak terlalu bagus, dan inilah gaji pertama saya 500 rupe di Freelancer.com.

advertise here

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan, dilarang memprovokasi, pornografi, dan korupsi